Setelah Membuka PON XX Papua, Presiden Akan Resmikan PLBN Sota Merauke

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi didampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (01/10/2021) sore. (Foto: BPMI Setpres/Laily)


By admin bnpp 02 Okt 2021, 09:24:47 WIB

Setelah Membuka PON XX Papua, Presiden Akan Resmikan PLBN Sota Merauke

JAKARTA - Awal bulan Oktober, Presiden Jokowi mengunjungi bumi cendrawasih pada Jumat (1/10/2021). Dalam kunjungan kerjanya ini Presiden diagendakan untuk membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan berlangsung sejak tanggal 2 sampai dengan 15 September 2021, serta meresmikan sejumlah infrastruktur, termasuk PLBN Sota di Kabupaten Merauke. 

PLBN Sota dibangun berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. Pembangunan PLBN Sota ini adalah lanjutan dari 7 PLBN yang telah terbangun dan diresmikan Presiden Jokowi sebelumnya pada Gelombang 1.

Selain Sota, sejumlah PLBN juga dibangun pada gelombang 2 Prioritas I, yakni: PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, PLBN Long Midang dan PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, yang masih dalam proses pembangunan.

Sementara pada gelombang 2 Prioritas II, Kementerian PUPR akan membangun PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, PLBN Sei Kelik di Kabupaten Sintang, PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau, PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang, PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara, PLBN Labang di Kabupaten Nunukan serta PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel.

PLBN Sota merupakan PLBN yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang juga anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Pembangunan fisik PLBN Sota dimulai pada Maret 2019. 

Akses ke PLBN Sota memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan dari Bandara Mopah Merauke dengan mengendarai kendaraan roda empat. 

Sebelum masuk ke PLBN Sota, pengunjung akan melewati Plaza 0 Km Merauke, Patung Soekarno, Tempat Ibadah, dan juga Pasar. Pengunjung akan memasuki pintu gerbang Zona Inti bertuliskan PLBN Sota lalu disambut Gedung Utama tempat pelayanan lintas batas. Di Gedung Utama inilah pelintas batas akan diperiksa oleh Karantina Kesehatan, Karantina Tumbuhan/Hewan/Ikan, Beacukai, dan Imigrasi baik yang ingin menyeberang Indonesia-Papua New Guinea maupun sebaliknya. PLBN Sota juga dilengkapi Pos Keamanan dan Mess Pegawai.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, mengatakan pembangunan PLBN Sota merupakan perwujudan kawasan perbatasan negara, khususnya pada aspek lintas batas negara, yang tertib dan aman. Dengan hadirnya PLBN Sota, diharapkan akan dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru diwilayah ini sebagaimana selalu diingatkan oleh Presiden Jokowi selama ini.

"Dibangunnya PLBN di perbatasan negara juga merupakan gambaran bahwa perbatasan negara bukan lagi beranda belakang melainkan sebagai beranda depan atau sebagai etalase negara. PLBN juga diharapkan dapat menjadi epicentrum pengembangan kawasan perbatasan negara, baik pada aspek pertahanan dan keamanan, aspek perekonomian, maupun pada aspek sosial dan budaya", tegasnya.

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share