Punya Rasa Gurih yang Khas, Nasi Bulu Kuliner Pulau Morotai Patut Dicoba

Keterangan Gambar : Foto: Image Credit: Instagram.com @resep_dapuryummy


By admin humas 03 Mar 2021, 17:01:31 WIB

Punya Rasa Gurih yang Khas, Nasi Bulu Kuliner Pulau Morotai Patut Dicoba

JAKARTA - Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, yang merupakan daerah perbatasan negara ternyata tidak hanya menyimpan potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, baik di sektor pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, pertambangan maupun potensi pariwisata sejarah, tapi juga makanan khas yang patut Netizen Perbatasan (Netas) coba saat berkunjung ke sana.

Tim Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) merekomendasikan Nasi Bulu dari Kabupaten Pulau Morotai untuk Netas coba saat berkunjung ke daerah perbatasan yang satu ini. Nasi Bulu atau nasi Jaha ini merupakan olahan nasi yang terbuat dari campuran beras, ketan, santan, dan garam.

Yang menjadikan Nasi Bulu unik dari pada olahan lain adalah cara memasaknya. Masyarakat Morotai memasukkan bahan-bahan dasar pembuatan Nasi Bulu pada "Bulu" atau dalam bahasa Indonesia berarti bambu. 

Bulu atau bambu akan dilapisi daun pisang sebelum akhirnya dimasukkan bahan-bahan dasar agar saat nasi Bulu matang tidak menempel pada bambu. Setelah semua bahan dasar Nasi Bulu dimasukkan, bambu akan dibakar di atas api dan ditegakkan dengan kemiringan sekitar 80 derajat hingga Nasi Bulu matang.

Nasi ini rasanya gurih dan cocok dimakan dengan lauk apapun. Dengan penyimpanan yang tepat maka nasi ini dapat bertahan sekitar dua sampai tiga hari. Nasi Bulu biasanya menjadi sajian Hari Raya umat muslim, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Biasanya Nasi Bulu juga menjadi makanan khas untuk sarapan. Netas jangan lupa cobain Nasi Bulu ya!

(Humas BNPP)
 

Related Tags
perbatasan,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.