Presiden Jokowi Resmikan PLBN Sota di Kabupaten Merauke

Keterangan Gambar : Peresmian PLBN Sota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua


By admin bnpp 03 Okt 2021, 09:59:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan PLBN Sota di Kabupaten Merauke

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua yang berbatasan dengan negara Papua New Guinea pada Minggu (3/10/2021).

Presiden mengatakan kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa, yang harus terus dibangun agar bisa menjadi representasi kemajuan Indonesia yang membanggakan seluruh masyarakat Indonesia.

Alasan itulah yang membuat Presiden membangun kembali PLBN di berbagai titik di seluruh tanah air dengan wajah dan tampilan baru, dan juga cara-cara pelayanan baru yang menjadi cerminan komitmen untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan.

Presiden menuturkan PLBN Sota merupakan PLBN yang ke-8 yang dibangun perbatasan Indonesia dan merupakan PLBN kedua di tanah Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura. 

"PLBN Sota dibangun dengan konsep yang terintegrasi, memiliki fasilitas yang lengkap, dimana terdapat bangunan komersial, fasilitas umum dan sosial, mess pegawai, tempat ibadah, pasar, jalan pedestrian, area parkir juga infrastruktur pendukung lainnya," urai Presiden.

Presiden berharap PLBN Sota akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan nyaman untuk masyarakat Indonesia yang akan melintasi perbatasan Indonesia menuju Papua New Guinea. Selain itu juga meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru dan membuat masyarakat di perbatasan semakin cinta dan bangga terharap negara Indonesia.   

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan nama Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang, PLBN Terpadu Sota saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden Jokowi.

PLBN Sota merupakan PLBN yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Saat ini BNPP mengelola PLBN Sota bersama dengan unsur CIQ  (Bea Cukai, Imigrasi, Karantina) untuk memberikan layanan pelintasan antar negara.

PLBN Sota dibangun berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. Pembangunan PLBN Sota ini adalah lanjutan dari 7 PLBN yang telah terbangun dan diresmikan Presiden Jokowi sebelumnya pada Gelombang 1.

Selain Sota, sejumlah PLBN juga dibangun pada gelombang 2 Prioritas I, yakni: PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, PLBN Long Midang dan PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, yang masih dalam proses pembangunan.

Sementara pada gelombang 2 Prioritas II, Kementerian PUPR akan membangun PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, PLBN Sei Kelik di Kabupaten Sintang, PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau, PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang, PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara, PLBN Labang di Kabupaten Nunukan serta PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel.

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share