Pemerintah Dorong Optimalkan Posko Covid-19 Tingkat Desa/Kelurahan Seluruh Indonesia

Keterangan Gambar : Asisten Deputi Infrastruktur Pemerintahan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Andi Muhammad Yusuf


By admin humas 26 Jul 2021, 18:59:00 WIB

Pemerintah Dorong Optimalkan Posko Covid-19 Tingkat Desa/Kelurahan Seluruh Indonesia

JAKARTA - Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri akan mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan pembentukan posko Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan dalam upaya pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan.

Bentuk dorongan tersebut diwujudkan dalam pemberian apresiasi pada daerah dengan angka kinerja tinggi dan pemberian surat teguran bagi daerah dengan angka kinerja yang rendah. Sebagai tindak lanjut atas daerah yang berkinerja rendah, pemerintah akan melakukan bimbingan lebih lanjut serta menghadirkan perwakilan dari aplikasi Bersatu Melawan Covid-19 (BLC) guna memberikan tutorial untuk memperbaiki kinerja posko-posko desa/kelurahan.

Berdasarkan data dari aplikasi BLC, dari total 83.449 desa/kelurahan seluruh Indonesia, tercatat 26 persen posko desa atau kelurahan yang telah aktif. Adapun lima provinsi dengan angka pembentukan posko desa/kelurahan terendah yaitu Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Tengah, Papua, dan Maluku Utara yang kelimanya juga merupakan provinsi di wilayah perbatasan negara. 

Asisten Deputi Infrastruktur Pemerintahan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Andi Muhammad Yusuf, yang menghadiri rapat analisa dan evaluasi implementasi Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV Jawa-Bali dan Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro di Daerah, Jumat (23/7/2021), mengatakan bahwa Pemerintah menghimbau pada seluruh provinsi yang masih rendah pelaporan posko desanya untuk segera melaporkan pada aplikasi BLC.

"Pada rapat evaluasi kemarin, Bapak Plh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri menghimbau khususnya pada lima provinsi tersebut untuk segera melaporkan pada aplikasi BLC, mengingat data ini digunakan sebagai bahan penentu kebijakan terkait penanganan pandemi Covid-19," ujar Yusuf, sapaan akrabnya, Jumat (23/7/2021).

Terkait dengan fungsi pencegahan, hal yang harus dilakukan oleh posko tingkat desa/kelurahan antara lain yaitu melakukan sosialisasi, melakukan pembatasan mobilisasi, dan kegiatan lainya seperti penyediaan masker, penyemprotan lingkungan, dan penyediaan lumbung pangan desa.

"Selain pencegahan, posko desa/kelurahan berfungsi untuk melakukan penanganan Covid-19 yaitu mendata dan memfasilitasi warga yang terkonfirmasi positif, menyediakan ruang isolasi, memabantu dan memastikan proses distribusi bantuan sosial bagi warga yang membutuhkan, serta penanganan sosial berupa edukasi bagi warga terkait stigma negatif masyarakat mengenai Covid-19," tambahnya.

Pemerintah juga mengharapkan agar dana yang dimiliki desa/kelurahan agar dapat difungsikan dengan optimal untuk penanganan pembiayaan operasional posko dan penanganan Covid-19 tingkat desa maupun kelurahan.

Yusuf juga menuturkan langkah konkret yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat ini adalah mengadakan pertemuan sekaligus pembekalan untuk jajaran Polisi Pamong Praja untuk memasukan data yang dimiliki Satuan Polisi Pamong Praja kedalam aplikasi BLC.

"Yang diharapkan adalah data yang terintegrasi di aplikasi BLC, sehingga dapat dijadikan data komprehensif seluruh daerah termasuk wilayah perbatasan serta dapat menjadi data pendukung bagi evaluasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan Kemendagri," imbuhnya.


(Humas BNPP)

Related Tags
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.

table