Menko Mahfud dan Menteri Tito Pastikan Kondisi PLBN Sota Sebelum Diresmikan Presiden Jokowi

Keterangan Gambar : Kunjungan Menko Mahfud dan Menteri Tito ke PLBN Sota


By admin bnpp 13 Sep 2021, 08:59:54 WIB

Menko Mahfud dan Menteri Tito Pastikan Kondisi PLBN Sota Sebelum Diresmikan Presiden Jokowi

MERAUKE - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Mahfud MD, bersama Menteri Dalam Negeri yang juga merupakan Kepala BNPP, Muhammad Tito Karnavian, melakukan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Minggu (12/9/2021). 

Kunjungan keduanya ke PLBN Sota tersebut bertujuan untuk memastikan PLBN Sota dapat difungsikan dengan baik, dan dalam waktu dekat dapat segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. 

"Saya hari ini memastikan secara fisik, laporan-laporan yang selalu disampaikan secara rutin ini gambarannya bagus-bagus, tadi saya lihat benar gitu, sehingga nanti saya akan lapor bersama Pak Tito, Pak Mendagri, kepada Presiden bahwa ini siap untuk diresmikan oleh Presiden," ujar Menko Mahfud.

Dalam kesempatan tersebut Menko Mahfud meminta BNPP bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah untuk memajukan perekonomian di kawasan perbatasan Sota, Merauke. Didukung dengan adanya PLBN Sota, diharapkan sentra perekonomian dapat semakin tumbuh dan maju demi kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.  

BNPP juga diminta agar merumuskan sistem yang tepat untuk memadukan tanggung jawab dan kewenangan yang dimiliki institusi Custom, Immigration, Quarantine, Security (CIQS), sehingga tujuan keamanan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. 

Menko Mahfud juga berharap status PLBN Sota sebagai tipe C dapat tumbuh menjadi tipe A dimana PLBN Sota bukan hanya akan melayani aktivitas lintas batas orang tapi juga mampu mendukung aktivitas ekspor maupun impor.

"Tempat yang bagus ini supaya digerakkan sekaligus menjadi sentra pertumbuhan ekonomi, terutama ekspor dan impor," sambungnya.

Meski demikian meningkatnya mobilitas masyarakat, arus masuk dan keluar, serta aktivitas perekonomian di PLBN Sota juga akan berdampak pada kemungkinan terjadinya tindakan kriminalitas. Menko Mahfud mengatakan perlu antisipasi terhadap kemungkinan tindakan kriminalitas yang mungkin terjadi.

"Saya sudah banyak berdiskusi dengan Mendagri, nanti tentu ada penindakan hukum karena peristiwa yang mungkin terjadi," pungkasnya.

Dalam masa kepemimpinan Presiden Jokowi fokus dalam membangun perbatasan negara menjadi beranda depan yang berdaya saing. Melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota BNPP diinstruksikan membangun 11 PLBN di perbatasan negara dimana PLBN Sota adalah satu diantaranya. PLBN Sota dibangun di Kabupaten Merauke yang berbatasan dengan negara tetangga Papua New Guinea.

Adapun 10 PLBN lain yang akan dikerjakan Kementerian PUPR adalah PLBN Sei Nyamuk, PLBN Long Midang/Krayan, PLBN Long Nawang dan PLBN Labang yang direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara PLBN Jagoi Babang dan PLBN Sei Kelik/Jasa direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Serasan direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kepulauan Riau. PLBN Napan dan Oepoli direncanakan untuk dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta PLBN Yetetkun direncanakan untuk dibangun di Provinsi Papua.
 

(Humas BNPP)
 

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.