Luti Gendang, Oleh-oleh dari Kepri yang Wajib Dibawa Pulang

Keterangan Gambar : Luti Gendang Dok.kebudayaan.kemdikbud.go.id


By admin humas 02 Mar 2021, 14:41:46 WIB

Luti Gendang, Oleh-oleh dari Kepri yang Wajib Dibawa Pulang

JAKARTA - Bagi netizen perbatasan (Netas) yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau dan sekitarnya pasti tidak asing dengan makanan bernama Luti Gendang. Apa itu Luti Gendang? Tim Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kali ini akan membahasnya supaya Netas tahu apa itu Luti Gendang.

Luti Gendang adalah roti dengan isian abon ikan atau ayam yang digoreng dan mempunyai cita rasa gurih. Luti Gendang berasal dari Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan salah satu Kabupaten perbatasan negara di Provinsi Kepulauan Riau. Biasanya masyarakat Kepri menyantap Luti Gendang di pagi hari ditemani segelas kopi atau teh. 

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Penamaan Luti Gendang sendiri beasal dari dialek masyarakat Tionghoa yang menyebut kata ‘roti’ menjadi ‘luti’. Sementara kata ‘gendang’ diketahui merupakan kata ‘rendang’ yang dalam bahasa Tarempa bermakna digoreng.

Sampai dengan saat ini pembuatan Luti Gendang masih dilakukan secara tradisional, sehingga Luti Gendang hanya bisa bertahan dua hari saja. Biasanya wisatawan membawa Luti Gendang dalam keadaan setengah matang untuk dijadikan oleh-oleh agar tahan lebih lama. 

Luti Gendang bisa tahan hingga empat hari jika dimasukkan ke dalam kulkas. Sementara jika Luti Gendang disimpan di freezer bisa tahan hingga tiga minggu. Netas jangan lupa beli Luti Gendang saat mengunjungi wilayah Kepri ya!

(Humas BNPP)

Related Tags
perbatasan,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.