Gelar Kegiatan Webinar Isra Miraj, ASN BNPP Tingkatkan Keimanan dan Kesabaran di Masa Pandemi
By admin bnpp 01 Apr 2021, 22:20:23 WIB

Gelar Kegiatan Webinar Isra Miraj, ASN BNPP Tingkatkan Keimanan dan Kesabaran di Masa Pandemi

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar webinar untuk memperingati Isra' Mi'raj dengan tema "Melalui Isra' Mi'raj Kita Tingkatkan Keimanan dan Kesabaran di Masa Pandemi, Kamis (1/4/2021). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah, motivasi dan semangat kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BNPP.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyampaikan Isra' Mi'raj merupakan salah satu tonggak religi perjalanan Rasullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aksa yang dikenal dengan Isra' dan selanjutnya berjalan ke Sidratul Muntahar atau yang dikenal dengan Mi'raj dalam satu malam. Malam itu diperingati oleh umat islam setiap 27 Rajab dan tahun ini kemarin bertepatan 11 Maret 2021 yang lalu.

"Isra' Mi'raj ini tentunya merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat muslim karena disinilah kita diperintahkan untuk menjalankan salat lima waktu, selain itu juga menjadi tonggak perhitungan untuk kalender Hijriah. Walaupun saat ini kita sudah memasuki bulan Sa’ban, namun saya kira hikmah dari hijrah tersebut sejatinya tidak hanya berhenti dalam bulan Rajab saja, namun ini dapat dilakukan kapan saja," ujar Restruardy.

Menurut Restuardy hijrah sendiri memiliki arti yang sangat luas. Dalam pekerjaan hal ini dapat diimplementasikan dengan bekerja untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat di perbatasan.

"Dalam pekerjaan kita sehari-hari kita punya peluang yang besar untuk melalukan atau membawa kemanfaatan dengan hikmah hijrah ini, salah satunya dengan kita di BNPP mendorong, membawa perubahan yang lebih baik untuk masyarakat di perbatsan atau di pelosok-pelosok negara tentunya ini bisa menjadi bagian dari yang kita sebut dengan hijrah yang didasari dengan niat untuk memperoleh keridhoan Allah SWT. Semoga itu menjadi bagian atau catatan amal bagi bapak ibu semua sekaligus melaksanakan tugas sehari-hari," sambungnya.

Dikesempatan yang sama Ustadz Ahmad Wijayanto yang memberikan ceramah dalam kegiatan ini menyampaikan keterkaitan antara silaturahmi dan menuntut ilmu dengan masuk surga. 

Ustadz Wijayanto mengingatkan yang pertama agar ASN di BNPP tetap menjaga silaturahmi satu sama lain untuk meningkatkan rasa persaudaraan, dan silaturahmi juga berkaitan dengan cara menyikapi pandemi Covid-19. Serta yang kedua untuk terus menuntut ilmu seperti yang dilaksanakan oleh ASN BNPP dalam kegiatan webinar kali ini. 

"Kita tidak paham bahwa silaturahmi adalah treatment saat pandemi, karena disaat pandemi seperti ini justru Rasullah bersabda “Siapa yang pengen berkah rejekinya, siapa yang ingin dipanjangkan umurnya maka buatlah silaturahim. Karena dari sisi ini Allah sambungkan hati kita, dengan sambung hati ini satu yaitu memperbaiki adrenalin, memperpanjang usia," ujar Ustadz Wijayanto.

Ustadz Wijayanto mengatakan Isra' Mi'raj juga berkaitan dengan keimanan dan kesabaran. Untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini, Ustadz Wijayanto mengutip perkataan Ibnu Khair Al Jauziah, yakni sikap orang islam tidak boleh mengeluh, menyalahkan Tuhan, beprasangka jelek, suudzon kepada Allah, mengumpat, melaknat sumber cobaan, dan hati kita harus ridho karena semua ini atas dasar keimanan. 

"Pandemi ini adalah surat cinta dari Allah, jadi satu kita harus sabar. Apa itu sabar? sabar dalam tiga hal, yang pertama yaitu sabar dalam musibah, kedua kesabaran dalam ketaatan, ketiga sabar dalam maksiat," pungkas Ustadz Wijayanto.

Ketua Badan Pengurus Masjid (BPM) Adz Dzikra, Andri Indrawan, menyampaikan selain webinar BPM Adz Dzikra masih akan menggelar rangkaian kegiatan islami lain di lingkungan BNPP. 

"Di bulan Ramadhan nanti BPM Adz Dzikra akan menggelar kegiatan Gema Ramadhan dalam bentuk Penyediaan takjil buka puasa, pelaksanaan sholat tarawih, tadarusan, pemberian bingkisan lebaran dan bazar virtual. Selain itu juga ada kegiatan Nuzulul Quran yang rencananya akan digelar pada 17 Ramadhan 1442 H dengan penceramah Ustad Maulana pengisi Islam Itu Indah Trans TV," kata Andri.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.