Dorong Tercapainya Herd Immunity, Warga Desa Sungkung Perbatasan RI-Malaysia Dapat Vaksin

Keterangan Gambar : Masyarakat perbatasan Desa Sungkung dilakukan vaksinasi jemput bola, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang. Rabu (6/10/2021). Ist


By admin bnpp 07 Okt 2021, 22:19:29 WIB

Dorong Tercapainya Herd Immunity, Warga Desa Sungkung Perbatasan RI-Malaysia Dapat Vaksin

BENGKAYANG - Proses vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia masih terus digencarkan untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19, termasuk Kabupaten Bengkayang. Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang mempercepat proses vaksinasi dengan upaya jemput bola pada masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia.

Upaya jemput bola ini digalakan ke desa-desa pedalaman. Saat ini vaksinasi menyasar masyarakat perbatasan di Desa Sungkung. Vaksin di Desa Sungkung di pasok 2.000 dosis. 

Satgas Covid-19 tingkat kecamatan, Kapolsek Siding Polres Bengkayang, IPDA Bambang Rudiayanto, mengatakan upaya jemput bola vaksinasi tersebut melibatkan semua sektor di desa dan kecamatan.

"Semua lini dikerahkan, petugas ketugas kesehatan sebagai pelaksana teknis vaksinasi, dan pihak aparat turut aktif mengkampanyekan dan sekaligus pengamanan," ujarnya dikutip dari insidepontianak.com, Rabu (6/10/2021).

Bambang menambahkan upaya vaksinasi jemput bola akan terus dilakukan selama pasokan dosis vaksin memadai. 

Vaksinasi diharapkan dapat mendorong herd immunity masyarakat yang merata dari berbagai wilayah di Kabupaten Bengkayang, hingga ke daerah perbatasan.

"Semoga angka persentase vaksinasi dapat terus meningkat dan herd immunity masyarakat dapat terpenuhi," tutupnya.

Pada kesempatan lain, Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Nurdin, menyampaikan bahwa sebagai lembaga koordinatif, BNPP berupaya untuk mengajukan penambahan stok vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi bagi masyarakat perbatasan negara dan peningkatan peran puskesmas dan puskesmas pembantu (putu) dalam pelayanan kesehatan di kawasan perbatasan, pada beberapa waktu yang lalu.

"Dalam rangka percepatan vaksinasi di wilayah perbatasan ini, BNPP juga akan mendorong optimalisasi sarana dan prasarana kesehatan khususnya puskesmas, putu, serta memfungsikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sebagai sentra vaksinasi bagi masyarakat di sekitar PLBN," kata Nurdin.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

Related Tags
perbatasan,
Social Share