BNPP Gandeng Perpusnas Hadirkan Pojok Baca Digital di 7 PLBN
By admin bnpp 30 Agu 2021, 19:02:58 WIB

BNPP Gandeng Perpusnas Hadirkan Pojok Baca Digital di 7 PLBN

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) akan bekerja sama menyediakan Pojok Baca Digital (POCADI) di 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendorong peningkatan literasi jajaran penyelenggara fungsi-fungsi pelayanan lintas batas negara maupun masyarakat umum di kawasan perbatasan di kawasan 7 PLBN.

7 PLBN yang dimaksud adalah PLBN Aruk, PLBN Badau dan PLBN Entikong yang berada di Provinsi Kalimantan Barat perbatasan Indonesia-Malaysia; PLBN Wini, PLBN Motaain dan PLBN Motamasin yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur perbatasan Indonesia-Timor Leste; dan PLBN Skouw yang berada di Provinsi Papua perbatasan Indonesia-Papua New Guinea.

Untuk menyukseskan kerja sama tersebut telah diadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan POCADI secara media dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, dan diikuti oleh pejabat BNPP yang terdiri dari Asiten Deputi Tasbara, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, pejabat yang mewakili Kepala Biro KUH, para Kepala 7 PLBN, serta pejabat Perpusnas yang terdiri dari Kepala Pusat Perpustakaan Umum dan Khusus beserta jajaran pada Jumat (27/8/2021).

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, menyampaikan rencananya Perpusnas akan menghibahkan seperangkat sarana POCADI kepada BNPP untuk 7 PLBN, dimana setiap PLBN akan menerima buku sebanyak 1.500 judul dengan jumlah 3.000 eksemplar atau dua eksemplar per judul. Perpusnas juga akan menghibahkan 4 set komputer Personal Computer, 3 set komputer tablet, 1 unit televisi, 1 set live digital library, 1 unit UPS, dan 1 paket interior meubelair perpustakaan. 

"Sedangkan BNPP akan menyediakan satu unit ruang untuk digunakan sebagai POCADI beserta sarana pendukung lainnya, termasuk tenaga pengelola POCADI," ujar Robert, Senin (30/8/2021).

Robert menuturkan ruangan yang akan disediakan untuk POCADI akan diatur agar tidak mengganggu aktifitas pelayanan lintas batas negara, sehingga POCADI tidak akan menggunakan ruangan yang ada di Zona Inti PLBN. Ruangan untuk POCADI juga diatur agar tidak terganggu dengan aktivitas jual beli di Pasar PLBN ataupun di unit-unit bangunan PLBN yang difungsikan sebagai tempat jual beli barang seperti convenience store atau mini market.

"Dari pemaparan para Kepala PLBN terkait dengan ruangan yang disiapkan sebagai lokasi POCADI, untuk PLBN Badau, PLBN Motaain dan PLBN Skouw, ruangan yang akan digunakan relatif sudah sesuai dengan kebutuhan. Sementara untuk PLBN Aruk, PLBN Entikong, PLBN Motamasin dan PLBN Wini masih memerlukan pembahasan lanjut untuk unit bangunan atau ruangan yang akan digunakan sebagai lokasi POCADI," sambung Robert.

Dalam kesempatan tersebut Robert mengatakan pihaknya telah meminta PLBN Aruk, PLBN Entikong, PLBN Motamasin dan PLBN Wini untuk segera menentukan ruangan yang akan digunakan sebagai lokasi POCADI. Sedangkan untuk BNPP dalam hal ini Biro Keuangan, Umum dan Humas (KUH), Robert menyampaikan untuk segera memproses administrasi hibah barang terkait dengan POCADI dari pihak Perpusnas. Selain itu Robert juga mengatakan BNPP perlu menyiapkan dukungan sumber daya yang dibutuhkan untuk pengoperasian POCADI, antara lain dukungan sarana berupa pendingin ruangan (AC), meja dan kursi untuk ruang baca dan lain-lain.

"Di akhir rapat kami sampaikan pihak Perpusnas perlu segera melakukan instalasi perangkat POCADI agar pada momen perayaan Ulang Tahun BNPP Ke-11 tanggal 17 September 2021 yang akan datang, Bapak Mendagri selaku Kepala BNPP dapat melaunching penggunaannya secara resmi. Pihak Perpusnas juga perlu segera mengagendakan pelatihan bagi staf BNPP yang bertugas di PLBN untuk mampu mengelola POCADI. BNPP dan Perpusnas juga perlu mengagendakan kegiatan sosialisasi mengenai rencana keberadaan POCADI kepada masyarakat di kawasan PLBN," pungkas Robert.


(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

table

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.