BNPP Gandeng MABESAL Atasi Kesulitan Menjangkau Pulau-pulau Kecil Terluar
By admin bnpp 03 Sep 2021, 21:28:34 WIB

BNPP Gandeng MABESAL Atasi Kesulitan Menjangkau Pulau-pulau Kecil Terluar

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) membangun komunikasi dengan Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL) terkait fasilitasi menjangkau Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) tidak berpenduduk maupun PPKT berpenduduk. Kunjungan sejumlah pejabat BNPP ke MABESAL dilaksanakan pada Kamis (2/9/2021).

Kelompok Ahli BNPP, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ali Hamdan Bogra, menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk membantu anggota BNPP yang terdiri dari 27 Kementerian/Lembaga untuk menjangkau PPKT tidak berpenduduk maupun PPKT berpenduduk.

Diakui Ali tidak ada pihak yang mempunyai fasilitas mumpuni seperti TNI Angkatan Laut. Fasilitas yang mumpuni dari TNI Angkatan laut ini dianggap dapat membantu K/L anggota BNPP dalam mendata maupun memberikan bantuan ke masyarakat yang ada di pulau-ulau terluar.

"Jadi intinya kita bangun komunikasi dengan MABESAL masalah pulau-pulau terluar ini. Untuk sampai ke pulau-pulau tersebut fasilitas kita terbatas, hanya TNI Angkatan Laut yang punya fasilitas dan bisa bantu kita ke pulau-pulau terluar," ujar Ali, Jumat (2/9/2021).

Ali mengungkapkan kunjungan jajaran BNPP ke MABESAL mendapatkan respon baik. Ia menjelaskan dalam waktu dekat Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, beserta jajaran akan melakukan video conference bersama MABESAL dan K/L anggota BNPP untuk menindaklanjuti pertemuan ini.

"Pak Robert akan pimpin rapat nanti dengan K/L terkait tentang pulau-pulau terluar berpenduduk. Harapan kita ya nanti TNI Angkatan Laut juga bisa ikut," sambungnya.

Ali berharap MABESAL dapat membantu BNPP dan K/L anggota, agar dapat bersinergi dalam memajukan beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ya mudah-mudahan MABESAL mendukung, supaya semakin bisa BNPP menjangkau pulau-pulau yang jauh atau yang mungkin kita selama ini susah dijangkau," pungkasnya.

Sebagai informasi sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-pulau Kecil Terluar, terdapat 111 pulau yang ditetapkan sebagai PPKT.

(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.