Lima Proyek Prioritas Nasional Tahun 2022 Jadi Tanggungjawab BNPP

Keterangan Gambar : Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, saat menghadiri RDP Komisi II DPR RI, di Hotel Aston Sentul, Rabu (25/8/2021)


By admin bnpp 28 Agu 2021, 11:19:01 WIB

Lima Proyek Prioritas Nasional Tahun 2022 Jadi Tanggungjawab BNPP

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bertanggung jawab pada lima proyek prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022 yang dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Hotel Aston Sentul, 25-26 Agustus 2021.

RDP dalam rangka pembahasan Pagu Anggaran Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2022 ini merupakan tindak lanjut dari jadwal acara rapat DPR masa persidangan I tahun sidang 2021-2022 dan hasil keputusan Rapat Intern Komisi II DPR tanggal 18 Agustus 2021, serta sesuai surat Pimpinan Komisi II DPR Nomor PW/219/KOM.II/08/2021 tanggal 20 Agustus 2021.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, yang turut menghadiri RDP Komisi II DPR, mengatakan lima proyek prioritas nasional tahun 2022 yang diberikan kepada BNPP akan digarap dengan anggaran sebesar 9,8 Miliar. 
 
"Adapun lima proyek tersebut yaitu pemberdayaan masyarakat desa terdepan perbatasan negara sebagai bagian sistem pertahanan dan keamanan (hankam) di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; perencanaan dan fasilitasi pelaksanaan peningkatan sarpras hankam di 49 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) tidak berpenduduk; pelaksanaan Inpres 1/2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw; pelaksanaan pelatihan penanggulangan Stunting dan Gerakan Masyarakat Sehat di kawasan perbatasan sebanyak 100 orang di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau; serta penyediaan listrik yang bersumber dari tenaga surya pada gedung pemerintah (PLTS Atap K/L) di kantor pusat BNPP," ujar Restuardy.

Berdasarkan Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, pagu anggaran BNPP tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 247,68 Miliar. Pagu tersebut juga telah disetujui oleh Komisi II DPR yang nantinya akan terdistribusi pada program dukungan manajemen dan program pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

"Dari pagu anggaran tahun 2022 tersebut, Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) BNPP tahun 2022 disusun berdasarkan kebijakan penyusunan RAPBN tahun 2022 sesuai arahan Bapak Presiden dan Bapak Mendagri selaku Kepala BNPP," tambahnya.

Restuadry juga menyampaikan realisasi anggaran BNPP tahun 2021 hingga 24 Agustus 2021 sebesar 64,57% atau sebesar Rp 97,86 Miliar dari pagu Rp 151,56 Miliar. Data ini berdasarkan Online Monitoring SPAN Kementerian Keuangan.

"Realisasi BNPP tersebut berada pada peringkat ketujuh dari 87 K/L, atau peringkat kedua dari 53 K/L dengan kategori pagu kecil," imbuhnya.


(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Please Wait... | Cloudflare

Please wait...

We are checking your browser... getajaxx.com

table

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.