Menu
RSS

Daerah Perbatasan Harus Diperindah yang Jadi Prioritas adalah Pintu Perlintasan yang Menghubungkan dengan Negara Lain

Daerah Perbatasan Harus Diperindah yang Jadi Prioritas adalah Pintu Perlintasan yang Menghubungkan dengan Negara Lain Daerah Perbatasan Harus Diperindah yang Jadi Prioritas adalah Pintu Perlintasan yang Menghubungkan dengan Negara Lain

Jakarta - Pemerintah berencana memperindah seluruh daerah perbatasan dengan menggandeng Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH). Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdijatno di Jakarta, Kamis (7/5) mengatakan, pemerintah akan membangun zona perekonomian di daerah perbatasan dengan cara memperindahnya.

Agar mencapai target tersebut, pemerintah bekerja sama dengan RKIH yang memiliki visi membangun wilayah perbatasan dari pinggiran. Menurutnya, selama ini anggaran perbatasan dikelola oleh 27 kementerian dan lembaga. Hasilnya tidak efektif karena banyak pembangunan infrastruktur di perbatasan tidak sesuai dengan yang dianggarkan.
“Bapak Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyatakan, anggaran perbatasan dibebankan kepada kementerian atau lembaga yang langsung menangani masalah perbatasan sehingga hasilnya bisa terlihat,” kata Tedjo Edhy di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta kemarin.
Ia menjelaskan, wilayah perbatasan yang jadi prioritas adalah pintu perlintasan yang menghubungkan dengan negara lain, seperti daerah Entikong, Kalimantan Barat. Di wilayah tersebut terjadi perbedaan mencolok antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya, pembangunan nantinya harus lebih baik dari negara tetangga.
Selain Entikong, kata politikus Partai Nasdem tersebut, daerah perbatasan lainnya adalah di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Timor Leste dan daerah di perbatasan Papua. "Presiden sedang berkunjung ke Papua untuk melihat secara nyata apa saja pembangunan yang tepat di daerah perbatasan," tuturnya. Saat ini, Tedjo menjelaskan, pemerintah telah menganggarkan pembangunan infrastruktur perbatasan dan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan.
Anggaran Rp 16 triliun yang sebelumnya tersebar di beberapa kementerian dan lembaga akan dikonsolidasi serta difokuskan pada daerah tertentu. “Nanti Kementerian PU untuk infrastruktur dan Kemenkominfo untuk jaringan komunikasi," ujarnya.
Tagih Janji
Ketua Umum RKIH, Kris Budihardjo, mengatakan pembangunan zona ekonomi perbatasan akan dilakukan bersama. Pemerintah menyiapkan infrastruktur, sedangkan masyarakat menyiapkan diri untuk berkecimpung di bidang ekonomi, yang didukung dari semua elemen termasuk RKIH. Ia berharap janji Presiden Jokowi untuk membangun jalan di daerah perbatasan sepanjang 450 kilometer pada Juni-Juli 2015 bisa terealisasi.
"Kami berpendapat, perlu adanya pembangunan zona ekonomi di perbatasan sehingga infrastruktur yang dibangun tidak sia-sia. Jadi, masyarakat perbatasan lebih sejahtera dari yang ada di Malaysia. Selama ini seolah-olah pemerintah jalan sendiri, masyarakat sendiri. Kami tidak akan mencampuri yang dilakukan pemerintah, tapi kami akan mengisi yang belum dilakukan pemerintah," katanya. Hal yang dibutuhkan adalah komitmen pemerintah dan menepati apa yang sudah dijanjikan kepada masyarakat.
Pihaknya juga akan memasang patung pahlawan di perbatasan. Ada sekitar 163 patung yang akan dipasang di perbatasan yang pengerjaannya sedang dilakukan di Klaten, Jawa Tengah. "Ini dalam proses izin ke mensos, apakah diizinkan atau tidak," katanya.
Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu, mengatakan pihaknya akan memperketat pengamanan di pos lintas batas.

Info for bonus Review William Hill here.