Menu
RSS

Pembangunan Infrastruktur di Perbatasan Fokus Pada 4 Hal Ini Utama

Pembangunan Infrastruktur di Perbatasan Fokus Pada 4 Hal Ini

BNPP - Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Restuardy Daud, mengemukakan bahwa ada empat (4) hal yang menjadi fokus dalam pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan.

 

 

Keempat hal tersebut adalah peningkatan penyediaan infrastruktur di perbatasan, peningkatan kebutuhan sosial dasar di perbatasan, pengembangan pertumbuhan ekonomi kawasan dan penguatan (penataan) kelembagaan.

"Penyediaan jaringan konektivitas untuk mengatasi keterisolasian. kita bicara  disini gimana kita buka akses," kata dia, dalam Rapat Penyusunan Kebutuhan Anggaran Pengelolaan Infrastruktur Ekonomi dan Kesra Kawasan Perbatasan, di Bali, Selasa (13/11).

Dalam hal ini, lanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan, bandar udara, pelabuhan dan dermaga, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta penyediaan Base Transceiver Station (BTS).

Pembangunan berikutnya infrastruktur ekokesra di bidang pendidikan, seperti pembangunan sekolah baru, ruang kelas baru, sarana prasarana pendukung hingga tenaga pengajar di tingkat SD, SMP, SMA maupun MI, MTs, MA. Pembangunan infrastruktur kesra lain di bidang kesehatan. 

"Mulai dari penyediaan puskesmas baru, alat kesehatan, bantuan kesehatan hingga tenaga medisnya," ucap dia. 

Terkait pengembangan ekonomi di kawasan perbatasan, dibangun infrastruktur perdagangan untuk mendorong kemandirian masyarakat secara ekonomi. 

"Kita dorong infrastrukur ekonomi masyarakat. Kita bangun pasar tipe D sampai tipe A, termasuk menyediakan koperasi."

Terakhir, pembangunan infrastruktur pemerintahan (kantor kecamatan). Camat di perbatasan kantornya sudah terpenuhi semua. Keempat hal diatas secara keseluruhan sudah dibangun di 187 lokasi prioritas dan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) yang ada di kawasan perbatasan.

 

(Humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.