Menu
RSS

RI dan Palau Sepakat Lanjutkan Perundingan Soal Perbatasan Negosiasi ZEE kedua Negara telah Berlangsung Sejak Tahun 2010 Lalu

RI dan Palau Sepakat Lanjutkan Perundingan Soal Perbatasan Negosiasi ZEE kedua negara telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu RI dan Palau Sepakat Lanjutkan Perundingan Soal Perbatasan Negosiasi ZEE kedua negara telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu

VIVA.co.id - Tim teknis batas maritim Indonesia dan Republik Palau sepakat melanjutkan perundingan terkait batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) kedua negara di Laut Filipina dan Samudera Pasifik. Kesepakatan melanjutkan negosiasi merupakan salah satu hasil pertemuan teknis ke-5 dari rapat persiapan mengenai delimitasi batas maritim antara Indonesia dengan Republik Palau. Pertemuan itu digelar pada 30-31 Juli 2015 di Manila.

Demikian isi keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima VIVA.co.id pada Minggu, 2 Agustus 2015. Delegasi tim teknis Indonesia dipimpin Direktur Perjanjian Politik, Keamanan dan Kewilayahan Kementerian Luar Negeri dengan beranggotakan pejabat Kementerian atau Lembaga yang duduk sebagai anggota tim teknis penetapan batas maritim RI. Sementara, delegasi Palau dipimpin oleh utusan khusus Presiden Republik Palau, Ramon Rechebei.

"Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kemlu dan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI di Manila turut menghadiri pertemuan untuk memberikan gesture keseriusan Pemerintah RI dalam penyelesaian perundingan penetapan batas ZEE kedua negara yang telah berlangsung selama 4 putaran sejak tahun 2010 lalu," tulis Kemlu.

Kedua delegasi melakukan diskusi dan bertukar pandangan mengenai aspek-aspek teknis dan hukum penetapan batas ZEE RI-Palau serta melakukan penjajakan untuk mempercepat penyelesaian penetapan garis batas ZEE yang dapat diterima oleh kedua belah pihak. Pertemuan berjalan baik dan lancar.

"Kedua delegasi sepakat untuk melakukan diskusi teknis penetapan batas ZEE pada pertemuan selanjutnya yang akan diselenggarakan di Manila pada minggu pertama atau ketiga bulan November 2015," kata Kemlu.

 

Oleh : Ni Kumara Santi Dewi

Info for bonus Review William Hill here.