Menu
RSS

Ini K/L Yang Berperan Dalam Pengelolaan Batas Wilayah Negara Utama

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP Robert Simbolon Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP Robert Simbolon

BNPP - Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon, menyebutkan pentingnya peran kementerian/ lembaga (K/L) dalam pengelolaan batas wilayah negara, yang mencakup empat aspek, yaitu aspek pengelolaan batas negara wilayah darat, aspek pengelolaan batas negara wilayah laut dan udara, aspek pengelolaan lintas batas negara, serta aspek pengamanan perbatasan negara.

 

 

Penguatan peran K/L dalam bidang pengelolaan batas wilayah negara terbagi dalam tiga subbidang. Pertama, subbidang pengelolaan batas negara wilayah darat, termasuk pengamanan batas negara wilayah darat. Pada subbidang ini, K/L yang terkait adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan.

"Kemudian Badan Informasi Geospasial, Badan intelijen Negara, TNI dan Polri," ujar Robert, di Jakarta, Kamis (11/10).

Lalu pada subbidang pengelolaan batas negara wilayah laut dan udara, termasuk pengamanan batas negara wilayah laut dan udara, K/L utama yang terkait adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Informasi Geospasial, Badan Intelijen Negara, Badan Keamanan Laut, TNI dan Polri.

Ketiga, pada subbidang pengelolaan lintas batas negara, termasuk pengamanan lintas batas negara, terdapat 15 K/L yang terlibat, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan.

"Selain itu, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BNN, BNPT, BNP2TKI, TNI dan Polri," kata dia.

Sejumlah K/L ini menjalankan programnya untuk mengatasi berbagai isu strategis dalam pengelolaan batas wilayah negara (wilayah darat, wilayah laut dan udara, lintas batas negara, termasuk aspek pengamanan perbatasan).

 

(Humas BNPP)

Terakhir dimodifikasi padaSenin, 05 November 2018 11:23
Info for bonus Review William Hill here.