Menu
RSS

Gandeng Perguruan Tinggi, Upaya BNPP Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi di Perbatasan Utama

Gandeng Perguruan Tinggi, Upaya BNPP Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi di Perbatasan

BNPP - Perguruan tinggi di Indonesia diharapkan peran dan berpartisipasinya dalam rangka memelihara rasa aman dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan negara.

 

Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (Plt Ses BNPP) Widodo Sigit Pudjianto menyebutkan, perguruan tinggi bisa memberi masukkan kepada BNPP yang kemudian dituangkan dalam bentuk program kegiatan.

"kita bersinergi, masukkan saja konkritnya apa. Punya penelitian terhadap objek tertentu mau ke kabupaten mana, nanti BNPP panggil (pemerintah) kabupaten/kota untuk mereplikasikan hasil kajian atau penelitiannya (di kawasan perbatasan)," kata Sigit, di Bogor, jawa Barat, Jumat (13/7).

"Misal, petani punya satu hektar sawah biasanya menghasilkan 4 ton, tapi  ini bisa 12 ton. Itu harapannya, sehingga terwujud rasa aman dan sejahtera," tambahnya.

Selain itu, konsep inovasi yang ditawarkan juga perlu dituangkan agar potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di perbatasan dapat dimanfaatkan secara baik untuk kepentingan nasional, terutama kesejahteraan masyarakat perbatasan. Dengan demikian akan tercipta pertumbuhan ekonomi serta SDM yang memiliki daya saing dengan negara tetangga.

Sinergitas dengan perguruan tinggi akan diwujudnyatakan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Mendagri selaku Kepala BNPP Tjahjo Kumolo dengan Menristek Dikti. Lalu, ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama oleh para rektor perguruan tinggi.

"Silahkan beri masukan terhadap kebijakan program untuk wilayah perbatasan, baik itu soal success story maupun motivasi pendukung lainnya," ujar dia.

 

(humas BNPP)

Info for bonus Review William Hill here.