Menu
RSS

Gali Potensi Untuk Mengejar Ketertinggalan Kawasan Perbatasan Utama

Gali Potensi Untuk Mengejar Ketertinggalan Kawasan Perbatasan

BNPP - Deputi bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud memaparkan bahwa pemenuhan kebutuhan sosial dasar menjadi salah satu fokus yang dikerjakan dalam mengelola infrastruktur di perbatasan.

 

Pemenuhan kebutuhan sosial dasar tersebut adalah dengan membangun atau merevitalisasi bangunan sekolah dasar, rumah sakit, puskesmas, perumahan hingga penyediaan air bersih di wilayah perbatasan.

"Sekilas untuk infrastruktur ada kondisi di perbatasan yang menjadi dasar terutama kaitaannya dengn keterisolasian dan ketertinggalan. Itu yang harus dikejar," kata Restuardy di acara diskusi media BNPP, di Jakarta, Senin (28/5).

Tugas lain pada bidang pengelolaan infrastruktur adalah pengelolaan kelembagaan, yang mana untuk kedepaannya terdapat lima aspek yang difokuskan yaitu regulasi, kelembagaannya sndiri, aparatur, kompetensi, penyediaan infrastruktur dan binwas.

Sementara, Asdep Potensi Kawasan Perbatasan Darat Anny Julistiani mengatakan bahwa di wilayah perbatasan memiliki potensi yang bisa dikembangkan.  Untuk di wilayah perbatasan darat 80 persennya terdapat potensi dari sektor pertanian, sementara di laut 80 persennya dari perikanan. 

"Inovasi menjadi daya tarik sektor pertanian, khususnya di wilayah perbatasan, yang mana tadinya produktifitasnya rendah tapi kini menjadi meningkat," kata dia.

Dilanjutkan, sebagian besar petani yang ada di Indonesia adalah anak muda yang perlu dukungan semangat agar mau mengembangkan usahanya. Dengan masuknya internet dan berbagai sarana penunjang informasi, para petani bertambah pengetahuannya dalam mengembangkan usaha pertanian. 

"Tinggal bagaimana kedepan menggali potensi atau aspek yang ada, ajak swasta agar anak-anak muda bergairah dan jadi prospek setelah adanya infrastruktur. ada e-comerce yang pasarkan produk melalui online sehingga bisa dapatkan harga jual yang sesuai," katanya.

 

(Humas BNPP)

 

Info for bonus Review William Hill here.